by

Usai Pemilu, Letupan Sengketa Diprediksi Muncul

-Uncategorized-115 views

RMOLJabar. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva memprediksi muncul sengketa usai pemilu 2019. Potensi kekisruhan bisa muncul jika KPU dan penegak hukum tidak netral.

Hamdan menilai, sengketa pemilu bisa terjadi lantaran pemilu 2019 dilaksanakan serentak dan diikuti ribuan kontestan. Selain itu, dalam pilpres, ada dua kontestan yang bersaing sangat sengit.

“Yang kalah pasti tidak puas. Adapun sengketa pemilu pasti selalu ada. Sebab tidak ada pemilu tanpa sengketa, apalagi di Indoensia,” ungkap Hamdan usai melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang Syarikat Islam (DPC SI) Kabupaten Karawang di Breats Hotel, Senin (8/4).

“Negara kita ini demokrasinya belum mapan betul. Karena itu sengketa akan selalu ada,” ujar Hamdan.

Menurut Hamdan, jika terjadi sengketa sebaiknya para pihak yang keberatan dengan hasil pemilu menempuh prosedur yang disediakan. Sebab negara sudah membuat perangkat hukum dalam urusan sengketa pemilu.

“Sejak reformasi, negara kita sudah menyiapkan perangkat hukum dan institusi untuk menyelesaikan masalah yang timbul dari pemilu. Mari selesaikan melalui jalur itu. Demonstrasi atau pengerahan massa adalah cara-cara zaman dulu. Mari berfikir moderen,” tutur Hamdan.

Hamdan lalu menyindir rencana Amien Rais yang akan mengerahkan massa atau people power jika terjadi kecurangan dalam pemilu 2019. Menurut Hamdan, Amien Rais kurang bijak.

“Amien Rais kurang bijak. Sebagai tokoh seharusnya berikan pencerdasan pada masyarakat apa yang harus dilakukan jika menghadapi masalah atau menemukan pelanggaran pemilu,” kata Hamdan.

Masih kata Hamdan, mengerahkan massa dalam menghadapi sengketa pemilu menghambat kemajuan demokrasi.

“Masyarakat jangan diajak untuk people power. Karena di negara-negara yang kerap people power, mana ada yang maju? Gak ada. lima tahun lagi people power, lima tahun lagi people power, kapan majunya?” pungkas Hamdan.¬†[Nurjaya Bachtiar/gan]

sumber: rmoljabar.com
Ketua Umum SI
sengketa pemilu
sumber: www.si.or.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.