by

Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziah Syarikat Islam Mendukung Rencana Pendirian Politeknik Syarikat Islam Cokroaminoto Karawang & Kerjasama Gertasi Sulawesi Selatan dengan Kementerian BUMN

-Uncategorized-122 views


Rapat Pimpinan Pusat /Lajnah Tanfidziah Syarikat Islam, Rabu tanggal 11 April 2019 yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum  Syarikat Islam Dr. H. Hamdan Zoelva, SH., MH di Kantor DPP Syarikat Islam (SI) Jl. Talang No. 4 Jakarta Pusat.

 

Pimpinan Pusat /Lajnah Tanfidziah Syarikat Islam mengadakan rapat dengan agenda: Laporan Umum perkembangan organisasi. yang terkait  dengan konsolidasi organisasi, pemberdayaan ekonomi umat atau dakwah ekonomi, pengkaderan politik, pendidikan. Rapat pleno tersebut dihadiri oleh pengurus Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziah dan Organisasi Serumpun Syarikat Islam. Diantaranya Ketua Gerakan Tani Syarikat Islam (Gertasi) : Dr. Wahid Erawan, SP., MP, dan beberapa ketua organisasi sayap lainnya.

Dalam pengantar awal, Ketua Umum Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziah Dr. H. Hamdan Zoelva menyampaikan bahwa perkembangan organisasi Syarikat Islam sudah cukup berkembang, penerimaan masyarakat dengan hadirnya organisasi Syarikat Islam  terasa manfaatnya.

Dalam Bidang Dakwah Ekonomi, Nunung Suhudiah selaku Ketua Tim Percepatan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan melaporkan tentang berbagai kegiatan yang telah dan akan dilakukan diantaranya dengan pembentukan beberapa koperasi baik yang ada di Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan DKI Jakarta. Juga telah diadakan kerjasama dengan berbagai pihak diantaranya dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkaitan dengan penyediaan bahan-bahan Sembilan bahan pokok (sembako), diantaranya beras, terigu minyak goreng dan lain sebagainya.

Dalam bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Agustian selaku Ketua Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah melaporkan mengenai akan diadakannya kegiatan pengembangan kurukulum kesyarikatIslaman yang melibatkan guru-guru yang ada di sekolah-sekolah Syarikat Islam Cokroaminoto di seluruh Indonesia.

Prof. Mohammad Taufik Makarao, SH, MH selaku Ketua Bidang pendidikan tinggi melaporkan mengenai beberapa hal diantara, masuknya beberapa nama dalam  Yayasan Syarikat Islam Sulawesi Selatan yaitu M. Yusuf Kalla sebagai Ketua Pembina yayasan, dan Hamdan Zoelva serta Aksa Mahmud sebagai Anggota. Saat ini sedang disiapkan Proposal untuk Pembangunan Kampus Universitas Cokroaminoto Makassar yang akan berganti nama menjadi Universitas Syarikat Islam Cokroaminoto. Alhamdulillah belum lama ini Fakultas Komunikasi dan Fakultas Ekonomi telah terakreditasi B, Namun sayang untuk Akreditas Perguruan Tinggi, Universitas Cokroaminoto Makassar masih mendapat nilai C. Dengan demikian perlu upaya yang baik lagi untuk perbaikan nilai  akreditasi.  Perkembangan lain berkaitan dengan Pendidikan Tinggi adalah telah dikeluarkannya Surat Keputusan Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziah mengenai Tim Pengembangan dan Pembinaan Perguruan Tinggi Syarikat Islam. Tim ini diataranya bertugas diantaranya membuat peraturan Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziah Tentang Perguruan Tinggi Syarikat Islam.  Laporan lain adalah Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziah Syarikat Islam mendukung Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Karawang mendukung hasil Rapat Kerja Dewan Pimpinan Cabang Syarikat Islam Kabupaten Karawang pada tanggal 8 April 2019, dimana salah satu program kerjanya adalah Pendirian Politeknik Syarikat Islam Cokroaminoto Karawang, dan  telah disediakan tanah untuk pembangunan kampus tersebut seluas 5000 M2.  Program Studi yang akan dibuat pada Politeknik tersebut adalah Program Studi Teknik Industri, Program Studi Pertanian dan Program Studi Pariwisata.

Dr. Wahid Erawan, SP., MP, selaku Ketua Gerakan Tani Syarikat Islam melaporkan beberapa hal diantaranya telah dan akan dibentuknya Pimpinan Wilayah Gertasi di beberapa Propinsi di Indonesia. Selain itu itu beliau melaporkan mengenai Kerjasama yang akan dilakukan oleh Gertasi Sulawesi Selatan dengan Kementerian BUMN untuk penanaman Jagung seluas 250 ha di Kabupaten Sidendreng Rappang (Sidrap). Dengan adanya kerjasama ini akan memberdayakan petani yang berada di wilayah tersebut.
Syarikat Islam
Politeknik Syarikat Islam Cokroaminoto Karawang
sumber: www.si.or.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.