by

Harjono : Jika Masyarakat Melihat Kecurangan Pada Pileg dan Pilpres Silahkan Lapor

Harjono : Jika Masyarakat Melihat Kecurangan Pada Pileg dan Pilpres Silahkan Lapor Jangan Takut.

Jakarta, eksposenews.com- Pemilu 2019 untuk memilih presiden, wakil presiden serta anggota legislatif akan digelar serentak pada 17 April 2019. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut pergelaran pesta demokrasi lima tahunan itu. Namun berbagai persoalan muncul, salah satu yang terjadi adalah adanya dugaan kecurangan berupa vidio yang memperlihatkan bahwa surat suara pemilu yang telah tercoblos untuk salah satu pasangan capres dan untuk caleg dari parpol tertentu.

Video yang diunggah oleh masyarakat Indonesia yang ada di Malaysia telah menimbulkan pro dan kontra masyarakat Indonesia dan juga mendapat perhatian dunia.

Pasalnya, dugaan kecurangan yang dilakukan oleh salah satu pihak dimana telah melakukan pencoblosan kartu suara untuk kepentingan pasangan 01 yakni Joko Widodo – Maruf Amin. Saling tudingpun tidak dapat dihindarkan sehingga menimbulkan kebingungan,masyarakat juga saling bertanya pihak mana sebenarnya yang telah melakukan dugaan kecurangan tersebut.

Menyikapi permasalahan tersebut, Koalisi Pemerhati Kecurangan Pemilu (KPK Pemilu) sebagai salah satu lembaga independen yang mengemban misi mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi Pemilu serentak 2019 agar berjalan dengan aman, damai, adil, dan demokratis memandang perlu untuk memberikan solusi sebagai wujud tanggung jawab moral terhadap proses demokrasi yang sedang berjalan.

Dalam rangka mengawal proses demokrasi yang jujur pada pilpres dan pileg yang dilaksanakan serentak pada 17 April 2019, dibutuhkan peran serta masyarakat dalam proses pengawasannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Koalisi Pemerhati Kecurangan (KPK) Pemilu Harjono, SH kepada awak media dalam jumpa.pers yang dilaksanakan di kantornya gedung graha Apic, jalan H.Juanda 15 Gambir, Jakarta Pusat, 12 April 2019.

Harjono mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mengawal jalannya pileg dan pilpres dengan membuat pengaduan jika melihat dan menemukan adanya pelanggaran. Untuk itu Harjono mempersilahkan masyarakat berpartisipasi dengan membuat laporan dengan mendownload aplikasi laporpilpres.com, ujarnya.

Berikut pernyataan Harjono dalam video streaming.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed