Pengurus Wilayah Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PW SEMMI) Sumatera Barat resmi dilantik pada Jum’at (20/7). Mengambil tempat di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat, PW SEMMI Sumatera Barat diketuai oleh Afrifan Eldo Yura sebagai Ketua Umum bersama beberapa orang pengurus lainnya.

Dalam sambutannya, Afrifan Eldo Yura atau dipanggil Eldo mengatakan SEMMI merupakan organisasi mahasiswa yang termasuk sudah lama berdiri di Indonesia, namun sekarang sedang mengalami mati suri, termasuk di Sumatera Barat. “Padahal kalau kita lihat sejarahnya, SEMMI merupakan organisasi kemahasiswaan dibawah Serikat Islam yang prakarsai oleh HOS Cokroaminoto dan H Agus Salim,” tegasnya.

Eldo menambahkan kalau SEMMI merupakan tempat berhimpun dari seluruh organisasi yang menjadikan HOS Cokraminoto sebagai guru bangsa. “Dalam struktur SEMMI terdiri atas HMI, PII, IMM, PMII, bahkan GMNI pun bisa masuk dalam SEMMI tentu sebelumnya melalui proses perkaderan SEMMI dan Baiat Syarikat Islam. Dikarenakan sama-sama kita ketahui Presiden Pertama Repbulik Indonesia, Bung Karno merupakan salah seorang murid dari HOS Cokroaminoto yang dengan ideologi Nasionalisme nya bisa menjadi cikal bakal kelahiran GMNI,”tegasnya.

Sementara itu, Zaldi Heriawan selaku Pimpinan Serikat Islam (SI) Sumatera Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa Syarikat Islam dan SEMMI tidak dapat dipisahkan karena SEMMI merupakan organisasi sayap dari Syarikat Islam. “Saya berterima kasih kepada SEMMI yang dapat menjadi lokomotif gerakan kemahasiswaan dalam bingkai gerakan yang dibuat oleh Syarikat Islam,” tegasnya.

Dalam pelantikan PW SEMMI dihadiri oleh kelompok Cipayung Plus Sumatera Barat serta beberapa Presiden Mahasiswa dari kampus-kampus yang tersebar di kota Padang, seperti UNP, UNAND dan STKIP.

Pada posisi terpisah Bintang Wahyu Saputra mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur, Kapolda dan seluruh muspida Sumatera Barat yang membantu kegiatan pelantikan SEMMI Sumbar berjalan dengan baik.

“Saya ucapkan juga terima kasih kepada seluruh keluarga Syarikat Islam Sumatera Barat yang telah hadir dan membantu kegiatan pelantikan, permohonan maaf sebesar besarnya saya tidak bisa hadir dalam pelantikan SEMMI SUMBAR dikarenakan ada hal mendesak diJakarta yang tidak bisa saya tinggalkan oleh karnanya Pelantikan dan Baiat dilakukan oleh ketua bidang antar lembaga PB SEMMI siang tadi” ucap bintang disekre PB SEMMI jl matraman no 2, Menteng, Jakarta Pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *